30 January 2013

Lanjutan Jakarta-Secang

22 Desember 2012
Pukul 01.30 WIB
Saya tiba-tiba terbangun karena ada gonjangan pada bus yang ternyata sedang masuk ke RM. Taman Sari II untuk istirahat, karena kami berangkat sudah pukul 21.30  maka jadwal istirahat yang seharusnya sekitar jam 9 an malam maka saat ini kami baru istirahat sabtu dinihari. Begitu bus kami tiba, terlihat hanya ada 1 bus OBL yang berada di RM, begitu bus kami parkir dan penumpang turun tidak lama bus yang satunya sudah berangkat lagi. Keadaan RM sudah sepi, semua pintu sudah ditutup yang dibuka hanya satu saja bahkan saya yakin petugas yang menyiapkan santapan makan sudah pada ngantuk. Karena pada beberapa kondisi sang petugas agak sedikit tinggi nada bicaranya pada penumpang2 yang minta dilayani.

Setelah antri untuk mengambil jatah makan dengan sebelumnya menukar dengan kupon makan. Setelah mengambil nasi, sayur, lauk dan minuman saya dan rekan mencari tempat duduk untuk memulai makan, tapi sebelum makan coba liat dulu menu makan "dinihari" kami :

Bisa dikatakan saya dan (mungkin) sesama penumpang lain aga beruntung, makanan yang disajikan dalam keadaan panas, lumayan membantu untuk menghangatkan tubuh.

Setelah selesai menyantap makan malam (kepagian) dan meneguk segelas teh manis hangat, saya menyempatkan dulu ke Toilet (walaupun di bus ada toilet) untuk menuntaskan hasrat yang tertunda. Saya jarang memanfaatkan fasilitas toilet dalam bus, merasa kurang nyaman saja dalam menggunakannya, kadang air yang tidak ada dan juga bau khas toilet yang tidak disiram.

Sehabis dari toilet saya sempatkan untuk melihat sekeliling RM sambil meregangkan otot-otot pada tubuh yang sedikit kaku. Selain OBL yang sedang berada dilokasi, ternyata ada juga beberapa bus dari PO Lorena Group yang sedang rehat juga, nih penampakan bokongnya :

Pukul 02.05 WIB
Selesai rehat, beberapa penumpang termasuk saya dan rekan segera naik kembali ke Bus, dan tidak lama bus kembali melaju melewati pantura, dan tidak lama hujan kembali turun tapi baru beberapa menit bus berjalan sudah dihadang oleh kemacetan Pantura, sepertinya perbaikan jalan. Karena laju kendaraan yang masih saja merayap saya putuskan untuk melanjutkan tidur saja. Zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

Pukul 06.00 WIB
Saya terbangun dan melihat keluar jendela ternyata matahari sudah nampak, begitu melihat jam ternyata sudah pukul 6 pagi dan sempat mencari-cari posisi baik melalui sekitar jalanan yang bus lewati maupun melalui aplikasi pada hp (gps), ternyata baru sampai perbatasan Tegal-Brebes (ada gapura selamat datang). Karena jalur bus kami yang masuk kota sehingga jalannya bus pun tidak maksimal, sempet pula menemui kemacetan karena sedang ada perbaikan jembatan di Pekalongan. Sesudah itu jalan lebih lancar sambil sesekali mencari posisi melalui GPS pada hp.

Pukul 09.05 WIB
Bus berhenti di RM. Sendang Wungu, Gringsing untuk istirahat ke-2, begitu turun langsung ke toilet (lagi) untuk buang air kecil dan cuci muka, cukup menyegarkan setelahnya. Pagi itu saya dan sohib hanya minum kopi untuk menyegarkan diri, sambil tidak lupa untuk mengabadikan beberapa penampakan di sekitar kami duduk. Saat kami istirahat ada juga beberapa bus yang sedang istirahat juga :

Pukul 09.35 WIB
Bus berangkat lagi, melewati weleri dan TV baru disetel walaupun hanya lagu lawas (tidak yang seperti yg lalu; dangdut koplo), cukup menghibur.

Ditengah jalan sempet berhenti karena ada peringatan “Untuk bus besar dan truk harap belok kanan” Apakah ada jalan longsor? karena jalur yang kami lewati cukup berkelok dan naik turun, tapi setelah kernet tanya warga sekitar akhirnya tetap diputuskan untuk melalui jalan yang biasa dilalui. Setelah diamati ternyata hanya ada 1 (satu) titik dimana jalannya agak bergelombang yang mungkin tanpa bantuan warga sekitar belum bisa dilewati oleh kendaraan besar.

Pukul 12.30 WIB
Saya dan rekan turun di pertigaan Secang, sempet jalan beberapa puluh meter (macet lampu merah) untuk naik angkot, sambil menunggu angkot nungu penumpang sempet juga dapet beberapa penampakan :

Pukul 13.04 WIB
  Saya mampir dulu di pasar Grabag untuk makan mie ayam karena perut keroncongan, setelah tadi pagi hanya diisi kopi. Selesai makan kami melanjutkan perjalan dengan naik ojek ketempat tujuan dengan jalan yang terus menaaaaaaaaaaaanjaaaaaaaaaaak, akhirnya tiba juga di TKP pukul 13.40 WIB.

Untuk kelanjutan Secang-Karanganyar-Jakarta, nanti TS lanjut lagi karena masih ngumpulin materinya nih