05 March 2009

'Stop SMS dan Facebook Demi Ibadah'



Modena - Hidup tanpa ponsel, Facebook atau iPod barangkali bisa diumpamakan bagai sayur tanpa garam. Namun seorang pemuka agama Katolik di Italia meminta umat untuk berhenti memakai teknologi semacam itu di hari-hari tertentu.

Dikutip detikINET dari WebUser, Kamis (5/3/3009), umat disarankan stop mengutak-atik Facebook, iPod ataupun mengirim SMS. Hal itu sebagai salah satu usaha agar ibadah semakin khidmat menjelang hari Paskah.

Diharapkan, umat dapat menemukan kembali seni berkomunikasi tanpa memakai teknologi. Inisiatif ini juga untuk meningkatkan kesadaran bahwa bahan yang dipakai untuk membuat ponsel ditambang secara serampangan dan menimbulkan konflik berdarah di Kongo, Afrika.

"Dalam 10 tahun terakhir, perang brutal terjadi di negara itu. Kami hanya ingin orang berefleksi selama ibadah ini dan memikirkan hal tersebut sebelum mereka mengirim SMS," kata Francesco Panigadi, Uskup Katolik di wilayah Modena yang mencetuskan ide tersebut.

Meski demikian, inisiatif ini sepertinya tak mendapat banyak dukungan, bahkan di kalangan gereja Katolik sendiri. Koran resmi di Vatikan menyatakan mengirim SMS tidak bisa dikategorikan sebagai baik atau buruk, tergantung bagaimana orang memakainya.
( fyk / faw )

Fino Yurio Kristo - detikinet

No comments:

Post a Comment